WORKSHOP PLAGIARISME UNTUK MENJAWAB TANTANGAN KEMAJUAN INFORMASI DIGITAL

>>WORKSHOP PLAGIARISME UNTUK MENJAWAB TANTANGAN KEMAJUAN INFORMASI DIGITAL

WORKSHOP PLAGIARISME UNTUK MENJAWAB TANTANGAN KEMAJUAN INFORMASI DIGITAL

Workshop Hari Pertama-Pembukaan Workshop Oleh Wakil Rektor 1

Rabu,29 Juli 2020– Wakil Rektor 1 bidang akademik Universitas Mataram, Agusdin, SE., MBA., DBA membuka secara langsung acara workshop Anti Plagiarisme dan Manajemen Informasi Digital UPT Perpustakaan Universitas Mataram. Workshop ini merupakan workshop kedua di tahun 2020 dengan mengambil sub tema Mewujudkan Tata Kelola Informasi Digital Terpadu Menuju Masyarakat Kampus yang Berwawasan Akademis Bebas Plagiarisme. Dalam Pembukaannya, Agusdin, SE., MBA mengatakan bahwa plagiarisme merupakan tantangan yang dihadapi setiap di lingkungan akdemik, oleh sebab itu Universitas Mataram akan segera memperkenalkan aplikasi SPADA UNRAM sebagai platform  pembelajaran daring di lingkungan Universitas Mataram. Platform tersebut sebagai salah satu terobosan untuk meminimalkan tindak plagiarism.

Pemateri Workshop

Workshop kali ini dilaksanakan dua hari, dengan rincian hari pertama disisi dengan materi dan hari kedua praktek.  Materi pertama diisi oleh Prof. I Gede Pasek Suta Wijaya S.T., M.T., D.Eng. guru besar Fakultas Teknik dengan materi Tata Kelola dan Pemanfaatan Sumber Informasi Digital Ditengah Maraknya aksi Plagiarisme. Dalam materinya Prof. I Gede Pasek Suta Wijaya menjelaskan kedudukan perpustakaan sebagai pusat sumber informasi bagi pemakainya sekarang ini perlu melakukan pengelolaan dan pengendalian hubungan antara sumber informasi digital dengan pemustaka agar muncul nilai tambah dan terhindar dari plagiat. Beliau juga menjelaskan model tata kelola sistem informasi digital yang dapat diterapkan di perpustakaan untuk mewujudkan zero plagiarism dengan lima tahapan pengelolaan.

Materi kedua diisi oleh I Wayan Sudiarta.,Ph.D dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Alam dengan materi Turnitin Untuk Mencegah Plagiarisme. Dalam materinya beliau menjelaskan pengertian plagiarisme, kategori plagiarisme, dan strategi agar terhindar dari plagiarisme. Materi dilanjutkan dengan pengenalan turnitin beserta cara penggunaanya, mulai dari tampilan turnitin, menu yang ada di turnitin hingga cara endeteksi plagiarisme dari sebuah karya tulis. Materi ini merupakan materi penutup dari workshop hari pertama.

Workshop Hari Kedua – Praktek Reference Management Software dan Turnitin

Workshop hari kedua dilaksanakan di ruang internet lantai 2 UPT Perpustakaan Universitas Mataram. Pada hari kedua ini materi fokus kepada praktek langsung penggunaan aplikasi Reference Management  dan penggunaan Turnitin. Praktek pertama di pandu oleh TIM IT UPT Perpustakaan Universitas Mataram, Solicha Nur Karina,S.IIP dimulai dengan materi Pemanfaatan Reference Management Software untuk Mencegah Plagiarisme dan dilanjutkan dengan praktek cara penggunaan Reference Management. Aplikasi Reference Management  yang di gunakan pada praktek kali ini yaitu aplikasi Mendeley. Praktek kedua di pandu oleh I Wayan Sudiarta.Ph.D mengenai cara penggunaan Turnitin untuk mengecek tingkat kemiripan suatu karya tulis. Acara praktek ini merupakan penutup rangkaian workshop Anti Plagiarisme dan Manajemen Informasi Digital UPT Perpustakaan Universitas Mataram.

By |2020-08-12T06:06:54+00:00August 12th, 2020|Berita|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment