Kegiatan Training dan Kelas Literasi

>>Kegiatan Training dan Kelas Literasi

Kegiatan Training dan Kelas Literasi

Kelas literasi pertama ini dillaksanakan pada Kamis 16 November 2023 di ruang siding lantai 3 UPT Perpustakaan Universitas Mataram. Kelas literasi diikuti oleh perwakilan mahasiswa daris etiap fakultas yang ada di Unram, mulai jenjang S1 dan S2. Kelas literasi diisi dengan tiga materi utama, yang pertama materi tentang literasi digital oleh Kepala UPT Perpustakaan Muslimin,S.Sos.,MM. Materi pertama menjelaskan mengenai pengertian literasi digital, urgensi literasi digital, dan tantangan literasi digital pada era saat ini.

Kelas literasi di lanjutkan dengan materi kedua yang disampaikan oleh Pustakawan UPT Perpustakaan Unram Solicha Nur Karina,S.IIP terkait pemaanfataan e-resources UPT Perpustakaan Unram. Materi kedua menjelaskan mengenai tips dan trik mahasiswa dalam pencarian, penggunaan, dan pemaanfaatan sumber-sumber e-resources dalam kaitannya menyelesaikan masa studi sebagai mahasiswa di Unram. E-resources yang di kelola oleh UPT Perpustakaan terdiri atas e-books, e-journal, dan e-skripsi yang semuanya dapat diakses secara online melalui smartphone maupun laptop. E-books yang dikelola oleh UPT Perpustakaan berupa aplikasi yang dapat diintall di smartphone sehingga pemustaka dapat membaca buku secara digital kapanpun dan dimanapun. Ada juga e-books yang disediakan berlangganan dengan proquest yang dapat diakses di proquest.com. E-journal yang dilanggan oleh Unram dapat diakses di proquest.com yang menyediakan berjuta-juta artikel dan sumber informasi lainnya yang dapat diakses secara gratis oleh mahasiswa dengan login menggunakan username dan password yang telah disediakan.

Kelas literasi ditutup dengan pemanfaatan reference manager untuk membantu mahasiswa menyusun karya ilmiah yang disampaikan oleh pustakawan UPT Perpustakaan Unram, Rini Trisnawati,S.I.Pus. Reference manager yang di gunakan adalah zotero. Peserta kelas literasi dijelaskan mulai dari pengertian aplikasi, pemanfaatan aplikasi, cara mendownload, cara mengintalasi, dan penggunaan dalam proses penyusunan karya ilmiah. Reference manager bermanfaat dalam membantu mahasiswa khususnya dalam penulisan sitasi yang dilakukan secara otomatis menggunakan aplikasi zotero.

By |2023-11-20T07:10:10+00:00November 16th, 2023|Berita|Comments Off on Kegiatan Training dan Kelas Literasi

About the Author: