WORKSHOP MANAJEMEN SISTEM INFORMASI UPT. PERPUSTAKAAN UNRAM ( 29-30 Agustsus 2019 )

>>WORKSHOP MANAJEMEN SISTEM INFORMASI UPT. PERPUSTAKAAN UNRAM ( 29-30 Agustsus 2019 )

WORKSHOP MANAJEMEN SISTEM INFORMASI UPT. PERPUSTAKAAN UNRAM ( 29-30 Agustsus 2019 )

 

Dalam  rangka upaya meningkatkan kompetensi pustakawan dalam pengelolaan dan manajemen  informasi perpustakaan khususnya  informasi  berbasis elektronik dan digital , maka UPT. Perpustakaan Unram melaksanakan kegiatan workshop “ Manajemen Sistem Informasi Perpustakaan “. Adapun tema yang diangkat  pada kegiatan tersebut adalah  Mewujudkan tata kelola perpustakaan  berbasis  digital  dengan akses informasi online dan terintegrasi  bagi civitas akademika universitas Mataram. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal  29 – 30 Agustus 2019 dengan menghadirkan pembicara :

  1. Ahmad Zafrullah Mardiansyah. ST., M.Eng ( Dosen Teknik Informatika Unram ) ( Manajemen Sistem Informasi  dan  tata  kelola  perpustakaan  digital di era revolusi  industri 4.0 )
  2. I Wayan Sudiartha. ST. MT. Ph.D ( Petunjuk teknis Alih Media dan digitalisasi bahan pustaka di Perpustakaan Perguruan Tinggi ).
  3. Muslimin S.Sos. MM ( Pengantar aplikasi sistem informasi Perpustakaan  berbasis Slims Akasia dan Repository  berbasis Eprints ).

Kegiatan berlangsung lancar dimulai dengan pembukaan oleh MC dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh Kepala UPT. Perpustakaan ( Muslimin S.Sos. MM ), dalam laporannya menyampaikan bahwa dewasa ini perpustakaan  berada pada era  revolusi industri dimana aspek artificial inteligence ( kecerdasan buatan ) adalah hal yang mendominasi perkembangan teknologi informasi. Hal ini pulalah yang mendasari perlunya dilakukan kegiatan workshop  untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi pustakawan khususnya pada lingkup Universitas Mataram, sehingga mereka nantinya siap bersaing dan mampu memberikan pelayanan maksimal dan hal  yang paling utama adalah hadirnya pustakawan yang kompetn  yang memiliki 4 kriteria  dasar:

  • Skill ( Keahlian )
  • Knowledge ( Pengetahuan )
  • Attitude ( Sikap )
  • Experience ( Pengalaman ).

Perpustakaan akan tumbuk dan berkembang secara dinamis manakala  didalamnya ada pustakawan dan pengelola perpustakaan yang cakap, handal, inovatif  dan visioner. Tentunya untuk m,ewujudkan SDM seperti tersebut tentu tidak muncul  dengan sendirinya, akan tetapi butuh proses, butuh tahapan – tahapan serta adanya prakondisi  yang mengarah kepada pencapaian hal tersebut.  Sehingga UPT. Perpustakaan Unram Menggariskan Program kerja pada tahun 2019 untuk melaksanakan  salah satu kegiatan yang berdimensi akademis dan praktis, sehingga lahirlah kegiatan  sebagaimana yang telah terlaksana.

Selanjutnya acara pembukaan dilanjutkan dengan sambutan Bapak Rektor Universitas Mataram dalam hal ini disampaikan oleh WR I Bidang  Akademik  Bapak Agusdin, SE., MBA., DBA., Beliau  sangat mengapresiasi  terlaksananya kegiatan workshop tersebut dimana  hal itu sangat positif bagi upaya  menstimulasi kemampuan pustakawan dan pengelola perpustakaan agar dapat berkarya secara profesional, kalau kita membandingkan dengan  perkembangan perpustakaan di negara luar khususnya pada tingkat Asia misalnya perpustakaan di Australia, Malaysia, singapura bahkan Tiongkok tentu kita  harus bekerja lebih giat  untuk dapat menghadirkan sebuah perpustakan yang maju dan moderen dengan melakukan pembenahan di berbagai sisi baik tata kelola, peningkatan mutu koleksi, optimalisasi jaringan informasi terkoneksi jaringan global, serta tersedianya sarana dan prasarana yang memadai.

Akhirnnya kegiatan pembukaan ditutup dengan pembacaan doa sebagai bagiaan prosesi pembukaan dan menambah hikmadnya kegiatan (end).

By |2019-09-02T07:02:56+00:00September 2nd, 2019|Berita|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment