USER’S EDUCATION PEMANFAATAN E-RESOURCES DALAM MEMANTAPKAN EKSISTENSI UNRAM SEBAGAI PERGURUAN TINGGI BERBASIS RISET

>>USER’S EDUCATION PEMANFAATAN E-RESOURCES DALAM MEMANTAPKAN EKSISTENSI UNRAM SEBAGAI PERGURUAN TINGGI BERBASIS RISET

USER’S EDUCATION PEMANFAATAN E-RESOURCES DALAM MEMANTAPKAN EKSISTENSI UNRAM SEBAGAI PERGURUAN TINGGI BERBASIS RISET

USER’S EDUCATION PEMANFAATAN E-RESOURCES DALAM MENDUKUNG

TERWUJUDNYA PERGURUAN TINGGI BERBASIS RISET

( Pada Prodi Ilmu Tanah Univ. Mataram )

Posted by : Humas perpust unram

 

UPT. Perpustakaan Universitas Mataram selaku penyedia layanan  informasi  bagi  civitas akademika  universitas mataram senantiasa bergerak dinamis untuk merespon setiap masukan dari para civitas akademika universitas Mataram. Salah satunya dengan memenuhi undangan Bapak Prof. Ir. Suwardji. M.App. Sc. Phd. Sebagai Guru Besar Ilmu Tanah di Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Kegiatan  dilaksanakan pada tangal 16 Januari 2019. Inti dari kegiatan  tersebut adalah memberikan edukasi kepada para dosen, peneliti  dan mahasiswa prodi ilmu tanah tentang tata cara pemanfatan e-resources yang disediakan oleh UPT. Perpustakaan.

Beberapa hal yang di presentasikan antara lain :

  1. Uraian tata cara pemanfaatan e- resources berbasis perpusnas ( kerjasama universitas Mataram ) dengan Perpustakaan Nasional
  2. Uraian tata cara pemanfaatan e-resources berbasis Australian Corner

( Aussie banget corner ). Ini merupakan portal informasi yang disediakan oleh perpustakaan dimana segenap civitas akademika unram dapat langsung melakukan akses informasi online ke perpustakaan nasional australia

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan melakukan akses ke perpustakaan nasional australia, dimana berbagai topik jurnal online dapat di akses sesuai  dengan kebutuhan  para pemustaka  dan civitas akademika universitas mataram.

  1. Uraian tata cara pemanfaatan repositori yang dikelola oleh UPT. Perpustakaan Universitas Mataram. Repository merupakan local content yang menjadi keunggulan komparatif universitas mataram, sebagai kekuatan khusus dalam menguatkan semangat para peneliti dalam mendukung tersedianya sumber referensi yang qualified.

  1. Pemaparan tentang tata cara akses online public access catalog. Dimana pemustaka kita ajarkan tata cara melakukan browsing online koleksi buku yang dimiliki oleh perpustakaan unram tanpa harus datang langsung ke perpustakaan. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat bantu smart phone yang terkoneksi jaringan internet.

 

Peserta yang hadir tampak sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi penyajian materi yang disampaikan, dan  begitu antusiasnya para peserta dengan mengajukan banyak pertanyaan, bahkan mereka melakukan praktek penelusuran informasi online resouces dengan dipandu oleh penyaji. Kegiatan seperti ini akan tetap dilakukan oleh UPT. Perpustakaan unram sebagai salah satu bagian  dari program kerja dibidang pendidikan pengguna ( users education ), dengan  membuat program dan jadwal untuk menyasar selurugh fakultas  dan program studi. Tentunya harapan  kami kedepan para pemustaka akan semakin lancar dan familiar dalam pemanfaatan berbagai portal informasi yang disedikan olegh perpustakaan.

Ketika  mereka sudah terbiasa dan rajin memanfaatkan , tentu dampaknya akan sangat besar  bagi lahirnya sebuah tatanan masyarakat akademis dengan dimensi ilmiah menjadi ciri khas didalamnya dan sejalan dengan misi besarnya untuk menguatkan eksistensi universitas mataram sebagai pergururan tinggi berbasis riset(end).

 

 

By |2019-03-13T03:00:59+00:00March 13th, 2019|Berita|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment